Entri Populer

Selasa, 24 Januari 2012

FILM SABLON

Cara membuat film sablon

Cara membuat film sablon bisa anda lakukan dengan berbagai macam cara, cara yang tergolong sederhana atau biasa sampai dengan cara yang cukup bagus seperti dengan menggunakan cetakan pada media transparan plastik film yang biasa digunakan pada perusahaan – perusahaan besar. Namun karena bidikan saya atau tujuan saya membuat website ini adalah untuk membantu anda meminimalkan biaya proses dan tetap mendapatkan hasil yang maksimal, maka saya tidak akan bicara muluk – muluk disini, saya hanya akan bicara yang sederhana saja, dengan alat yang biasa – biasa saja tapi tetap bisa menghasilkan output hasil afdruk film yang bisa diterima oleh konsumen kita. Sekali lagi yang bicara adalah hasil sablon kaos kita, bukan dengan apa anda membuat filmnya, tolong dicatat ya he he he.
Cara membuat film sablon dengan teknik lama yang saya pernah lihat saat saya kecil adalah sebagai berikut, tukang sablon akan menggambar desain orderan sablonnya di kertas hvs biasa dan kemudian di fotocopy xerox biar outputnya pekat setelah itu kertas diolesi dengan minyak goreng agar berubah menjadi transparan baru kemudian dikeringkan. Setelah beberapa saat kemudian film diambil dan siap digunakan untuk afdruk screen. Nah, itu dulu waktu saya kecil, terus sekarang bagaimana cara membuat film sablon itu, apa yang berbeda? Ditempat lain mungkin banyak perbedaanya, tetapi tidak ditempat konveksi kaos saya, saya bukan pengusaha besar yang mampu investasi besar untuk bikin film sablon saja makanya saya hanya melakukan dengan cara yang gampang saja.
Cara membuat film sablon ditempat produksi saya masih mengadopsi cara kuno itu, yaitu dengan mengolesi kertas hvs dengan minyak goreng saja, tetapi proses pengolahan gambarnya yang berbeda. Cara membuat film sablon ditempat saya khususnya pada pengolahan desain saya gunakan software coreldraw atau photoshop, saya tidak menggunakan lainnya karena saya tidak bisa ha ha ha, proses pengolahan desain mengikuti tuntutan desain itu sendiri, apakah harus di spot color, di simulated color, di index color atau harus di separasi CMYK, bahasan tentang pembuatan film ini ada di buku saya kecuali tetang index color dan simulated color masih belum ada tutorialnya. Setelah desain jadi seperti foto diatas saya biasa print pakai mesin printer biasa inkjet bukan laser. Untuk lebih jauh mengenal film sablon anda bisa juga kunjungi artikel saya yang lain silahkan klik pada tulisan ini caramembuat film sablon

T Shirt Design

Membuat Design T Shirt bisa dilakukan dengan berbagai macam cara bisa dengan cara manual atau dengan komputer. Proses Design T Shirt dengan komputer biasa dilakukan dengan menggunakan beberapa software yang sangat populer seperti CorelDRAW ataupun Photoshop. Sepanjang pengalaman saya membuka usaha dibidang sablon kaos manual hampir semua Design yang masuk dibuat dengan 2 software tersebut.
Terlepas dari masalah seni men-Design T Shirt dengan kedua software diatas, yang akan kita bahas disini lebih pada fungsi kedua software itu untuk mengolah Design T Shirt jadi menjadi 1 atau beberapa film yang akan di afdruk dan digunakan untuk menyablon. Dan dalam bahasan kali ini kita akan melihat tentang kegunaan software Photoshop untuk pembuatan film sablon.
Dari beberapa buku yang coba saya pelajari dan dari pengalaman dalam menjalankan usaha dibidang sablon kaos manual software Photoshop bisa digunakan untuk membantu pengerjaan sablon dengan menghasilkan output film berupa,
  • Spot color process
  • CMYK process
  • Simulated color process
Istilah yang berkembang didunia sablon memang beda-beda tapi setelah melmahami yang dimaksudkan biasanya diantara para sabloner bisa segera memahami. Dalam kesempatan ini akan coba kita bahas tentang spot color process di photoshop. Ada beberapa sabloner yang menyebut spot color process ini sebagai pecah warna untuk film sablon, ada yang menyebut dengan pisah warna, ada juga yang menyebut dengan cabut warna, dll.
Dalam sebuah Design T Shirt bisa terdiri dari 1 warna saja atau terdiri dari beberapa warna. Jika anda menemui Design T Shirt dengan karakter solid atau gambar vector maka proses spot color inilah yang pas untuk mengerjakan proses pembuatan filmnya. Seperti telah banyak dibahas di buku tentang sablon yang banyak beredar spot color process adalah sebuah nama yang digunakan untuk menyebutkan serangkaian proses pengolahan Design T Shirt menjadi film untuk sablon, dengan cara mengambil satu per satu warna yang ada dalam desain dengan menggunakan beberapa fasilitas di photoshop seperti color range, magic wand, dll. Yang selanjutnya akan dipertajam dengan tekhnik path-ing sesuai keperluan, dan diletakkan dalam chanel-chanel sesuai dengan jumlah warna yang ada dalam Design T Shirt tersebut, dll.
Ada pendapat pula bahwa film yang dihasilkan dengan menggunakan software photoshop hasilnya kurang bagus, ada kesan bergerigi pada bagian tepi bidang gambar, dll. Yah, saya sangat sependapat dengan hal itu, untuk beberapa kasus memang demikian adanya, tapi itu tidak untuk semua desain. Saya sendiri termasuk lebih sering menggunakan photoshop untuk mengolah Design T Shirt menjadi film sablon daripada menggunakan CorelDRAW. Dan hasilnya juga bagus dan bisa diterima baik oleh konsumen. Sementara artikel ini saya cukupkan sekian selanjutnya akan kita bahas tentang CMYK process dan Simulated color process. Selanjutnya akan coba saya jelaskan dengan gambar tekhnik pengolahan Design T Shirt ini dengan photoshop.

Film sablon sederhana

Sablon kaos manual, sekarang akan kita bahas tentang pembuatan film sablon dengan menggunakan Corel Draw. Untuk pembahasan pertama ini akan kita jelaskan tekhnik pemisahan warna dan pembuatan film sablon yang paling sederhana. Untuk membantu dalam memahami bab ini silahkan anda perhatikan gambar berikut :


Mari kita bahas satu per satu :
  1. Gambar 1 kita anggap sebagai desain asli yang kita terima dari konsumen.
  2. Gambar 2 buat register, bisa 2 buah seperti contoh atau bisa juga 4.
  3. Gambar 3 perhatikan warna apa saja yang ada pada desain tersebut dan mulailah membuat film dari warna yang paling muda. Untuk menghindari sablonan meleset  atau mis-register atau "mringis" pada saat membuat film dengan warna muda tersebut perbesarlah ukurannya dengan countur sebesar 0,2 atau sesuai kemampuan masing-masing.
  4. Gambar 4 sama dengan langkah nomer 3 seterusnya sampai semua warna dibikin filmnya.
Semoga bermanfaat, selamat mencoba.
Margo Kaos Grup Yogyakarta

6 komentar:

  1. om minta contac person nya dunk sms ke 087886435699
    jay >>> tq y

    BalasHapus
  2. thank's all.....
    sang pencinta_ mau bljr sblon?

    BalasHapus
  3. Mas , aku lg mencari orang yang bisa seting di corel , freehands , potoshop dll
    Kalau ada yg berminat , bisa hubungi saya 081218966309 , 087888847472 ( Jakarta )

    BalasHapus
  4. salam kenal dan hangat sesama tukang setting film sablon mas ,,
    http://settingfilmsablon.blogspot.com
    Jakarta 085888151560

    BalasHapus